Rabu, 12 September 2012

Storyboard Animasi

Adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah. Dengan storyboard, kita dapat menyampaikan ide cerita dengan lebih mudah. Dalam pembuatan storyboard animasi, seorang artis storyboard haruslah mengerti beberapa hal dalam pembuatan animasi. Dia harus mengerti istilah-istilah permainan kamera, bisa mengambil sudut kamera yang bagus dan bisa mengukur waktu dialog para tokoh.

Pengambilan sudut kamera haruslah artistik, baik penggambaran sudut background ataupun para tokoh. Juga penggambaran ekspresi para tokoh dan pemberian efek-efek yang tepat sangat dibutuhkan untuk sebuah storyboard yang bagus. Disinilah keahlian seorang artis storyboard diuji. Seandainya orang yang melihat dan membacanya merasa terhanyut, maka bisa dikategorikan itu adalah storyboard yang bagus.

Boleh juga dikatakan, storyboard adalah kunci utama pembuatan sebuah film animasi. Bila storyboardnya bagus, kemungkinan besar film yang dibuat akan bagus juga. Tergantung kru dibawahnya mampu tidak membuat gambar yang sesuai urutan dari storyboard.

Demikian penjelasan singkat storyboard dari saya. Masih banyak hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan storyboard.

Berikut contoh storyboard yang saya buat. Masih jauh dari sempurna tapi cukuplah untuk panduan pembuatan film animasi durasi menengah dengan dana dan kru seadanya.....:-)


 * Awalnya kami beri judul 'Juz Amma'....belakangan kami ganti dengan 'Ayo Mengaji'



Semoga bermanfaat....:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar